Rabu, 22 Oktober 2014

Mewaspadai Timbunan Lemak Tubuh

Mewaspadai Timbunan Lemak Tubuh
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Lemak merupakan salah satu komponen tubuh yang dominan, selain air dan otot. Tubuh kita tidak pernah terbebas dari lemak. Selain itu, lemak memiliki berbagai peran penting bagi berlangsungnya proses biologis di dalam tubuh kita. 

Mewaspadai Timbunan Lemak Tubuh - Keberadaan lemak di dalam tubuh kita sangat penting, namun jika jumlahnya berlebihan maka akan menjadi sumber persoalan yang mengganggu keseimbangan fungsi-fungsi yang bekerja di dalam tubuh. Persoalan demi persoalan muncul beriringan sejalan dengan bertambahnya timbunan lemak baru di jaringan penyimpanan.

Bertambahnya massa dan volume lemak yang ditandai dengan penambahan berat badan seseorang tidak menyebabkan gejala khusus yang mudah dirasakan oleh yang bersangkutan. Ons demi ons lemak yang tertimbun di jaringan tubuh pada awalnya tidak mengganggu kesehatan seseorang dan baru dirasakan mengganggu ketika timbunan lemak bertambah banyak.

Mungkin hal inilah yang membuat sebagian orang tidak mudah percaya bahwa kelebihan berat badan sebagai faktor awal yang menyebabkan dirinya jatuh sakit. Kelebihan berat badan yang tidak teratasi, cepat atau lambat akhirnya berkembang menjadi obesitas-sebuah persoalan pelik yang tidak mudah diatasi dengan cara-cara konvensional.

Saya sependapat dengan para ahli yang mengatakan bahwa obesitas adalah penyakit serius yang sulit disembuhkan. Jumlah penderita obesitas di berbagai belahan dunia yang semakin meningkat membuktikan bahwa dunia medis gagal mengatasi persoalan kesehatan yang satu ini. Lalu, apakah kita harus menyerah? Tentu saja tidak, karena obesitas membawa sejumlah dampak buruk bagi kesehatan kita. Jika kita ingin hidup sehat dan panjang umur, salah satu syaratnya kita harus terhindar dari obesitas.

Cara cerdas mengatasi obesitas adalah menyingkirkan kelebihan lemak tubuh. Pasalnya, lemak tubuh yang berlebihan adalah persoalan mendasar yang harus diatasi oleh para penderita obesitas. Lemak tubuh yang terus membengkak mengawali satu demi satu penyakit.



Lingga, Lanny. 2014. Mau Langsing? STOP DIET!. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar